Facebooker Optimis di Pagi Hari, Makin Siang Makin Pesimis

Saturday, January 1, 2011

Pengguna Facebook yang berjumlah lebih dari 500 juta orang setiap hari mengeposkan status mereka berkali-kali. Untuk mengetahui profik status pemakai Facebook, sebuah riset diadakan Facebook Data dengan mengambil sampel satu juta update status dari pengguna Facebook dalam bahasa Inggris. Tim ini membagi tulisan status tersebut ke dalam konteks, wilayah, dan isinya sejalan waktu setiap harinya.
Facebook pertama menganalisis korelasi antara penggunaan kata-kata dan umur pemakai. Dari sana diketahui bahwa ada hubungan positif antara umur dan kata-kata religius, keluarga, dan emosi positif. Sementara itu ditemukan juga adanya hubungan negatif antara jenis kelamin (seks), tidur, kata orang pertama, sekolah, umpatan, dan emosi negatif. Bisa dikatakan bahwa semakin muda seseorang maka dia semakin mudah marah.


Selain itu juga dilakukan analisis korelasi antara pilihan kata dan jumlah teman. Meski tidak sekuat hubungan antara umur dan pilihan kata, data Facebook ini juga menemukan adanya hubungan positif antar banyaknya teman dengan kata orang kedua, jumlah kata, komunikasi, agama, umpatan, dan seks (jenis kelamin). Di sisi lain ada hubungan negatif antara jumlah teman dengan kata kerja masa lalu dan sekarang, keluarga, dan emosi.
Temuan menarik lain adalah efek waktu dan pilihan kata di tiap harinya. Selain masalah tidur yang banyak dibahas pada jam 4 pagi, namun juga diketahui bahwa pengguna cenderung membicarakan kerja mereka sebelum berangkat ke kantor. Emosi positif dan negatif juga berpengaruh sepanjang hari. Emosi negatif cenderung mencapai puncak di sekitar jam 1, sementara emosi positif di sekitar jam 7. Diketahui juga bahwa emosi negatif cenderung meningkat sejalan waktu di hari tersebut, sementara emosi positif semakin menurun.
Facebook juga melihat status update apa yang paling banyak diperhatikan. Dari data diketahui bahwa status bernada positif lebih banyak disukai daripada status negatif. Cukup sesuai dengan kondisi sebenarnya, bukan? [ via teknoup]

0 comments:

Post a Comment

 
© 2013 | desain by : asep nurdiyansyahCacingblogger Blogger